Sabtu, 10 Mei 2014

6 Kejadian aneh mata uang yang ada dunia

Dalam kehidupan sehari hari manusia tidak akan pernah terlepas dari uang sebagai alat untuk bertransaksi, namun tahukah anda, dibalik fungsi uang sebagai alat untuk bertransaksi jual beli, ternyata banyak juga uang yang memiliki kisah tersendiri dalam bentuk maupun proses dibalik pembuatannya, beberapa hal unik dapat kita jumpai secara langsung dalam uang tersebut, dan beberapa lainnya bisa kita temui dengan melalui pencarian lebih lanjut dan seksama, penasaran ya.. seperti apa sih keanehan-keanehan mata uang yang ada di dunia termasuk didalamnya mata uang rupiah, nah kalau mau tau ini kita coba share kan beberapa kisah dari mata uang yang kita sari dari berbagai sumber.

1. Ada lambang mirip iluminati di pecahan Uang Rp. 10.000 Indonesia.

Mungkin mendengar nama iluminati masih asing lagi bagi anda, iluminati adalah kelompok rahasia yang kabarnya menguasai dunia, termasuk pemerintahan negara dari tahun 1976 hingga kini, kelompok ini digambarkan dengan bentuk simbol segitiga atau piramida, dengan sebuah mata berada di puncaknya, namun konon lambang mirip iluminati ini pun dapat kita temukan pada uang pecahan Rp.10.000, percaya atau tidak? ketika pecahan uang 10rb ini dilipat dengan pas, dan mempertemukan kedua sisinya, maka sebuah lambang berbentuk segitigapun akan kita dapatkan, ntah ini kebetulan atau memang sebuah skenario rahasia.banyak pihak yang memperdebatkan kebenaran simbol simbol ini menuju ke arah ilumanati atau hanya sebuah bentuk segitiga biasa saja.

2. Gambar runtuhnya menara WTC dan terbakarnya pentagon.

Anda tentu masih ingat dengan peristiwa runtuhnya menara kembar Word Trade Center (WTC) pada 11 september 2001 yang lalu, belakangan banyak teori yang mengatakan jika peristiwa yang menyebabkan runtuhnya kedua menara kembar tersebut, sudah di prediksi sebelumnya. hal ini sudah tergambar dari desain mata uang Amerika, yaitu pecahan sebesar 20 Dollar, gambaran ledakan menara kembar WTC ini dapat manakala uang USD20 dilipat sedemikian rupa sehingga dua sisinya saling bertemu. Selain runtuhnya gedung WTC, gedung pentagon yang merupakan pusat pertahanan amerika serikat yang meledak pun tergambar jelas dalam uang ini, apakah gambar tersebut hanya sebuah kebetulan atau imajinasi seseorang saja, atau memang ada kaitannya dengan kedua peristiwa tersebut?, hingga kini tak ada seorangpun yang tau pasti jawabannya.

3. Uang raksasa dari pulau Yap

Kisah selanjutnya merupakan uang yang dipakai oleh penduduk pulau yap, yang terletak di caroline sebelah barat samudra pasifik, masyarakat disana mengguanakan uang dengan ukuran yang luar biasa besarnya, berkisar antara 10 cm hingga lebih dari 4 meter, uang yang terbuat dari batu kapur ini memang merupakan uang yang paling besar yang pernah digunakan oleh manusia, dibagian tengah uang yang dikenal dengan nama Rae ini, seperti bentuk donat. sementara nilai yang terkandung dalam uang ini, di tentukan oleh ukuran dan sejarah darimana uang itu berasal, semakin besar ukurannya, maka semakin besar pula nilai tukar uangnya.

4. Roti seharga Ratusan juta di Zimbabwe

sobat bloger semua, pernahkah anda menikmati sebuah roti dengan harga 600jt dolar? jika belum cobalah anda berkunjung ke zimbabwe, disana bukan hanya roti yang memiliki harga fantastis, berbagai kebutuhan pokok seperti bawang, cabai, bahkan sejumput garam, harus anda tebus dengan harga yang sangat tinggi, yaitu mencapai ratusan juta dolar, nilai tukar mata uang zimbabwe ini memang, mengalami kemerosotan yang sangat tinggi akibat inflasi yang terjadi dalam 4 periode, selain itu, permintaan akan tersedianya uang tunai di masyarakatpun menjadi salah satu penyebab utamanya. akibatnya jumlah uang yang beredar dimasyarakat jauh lebih banyak, dibanding nilai uang yang dimiliki oleh negara tersebut. maka jangan heran ya pren, kalau nanti suatu saat anda jalan-jalan ke zimbabwe dan menemukan orang-orang dengan setumpuk uang ditangannya, hanya untuk membeli sepotong roti saja. untuk mensiasati keadaan tersebut, Bank Zimbabwe menerbitkan uang dengan pecahan  100 triliun dollar, yang menjadikannya uang dengan pecahan paling besar di dunia.



5. Mata uang dimodifikasi karena benci.

Seringkali wajah kepala negara dimuat dalam cetakan mata uang negara tersebut, berikut juga terjadi pada pecahan uang Zaire, pada salah satu permukaannya, wajah pemimpin Joseph Mobutu, terpampang jelas menghiasi uang tersebut. namun karena gejolak politik yang terjadi pada tahun 1997, yang akhirnya membuat seluruh masyarakat berbalik membenci pemimpin mereka, Joseph Mobutu, atas dasar kekesalan dan tidak rela wajah pemimpin tersebut terpampang bebas di mata uang mereka, mereka secara kompak untuk menggunting bagian wajah di mata uang tersebut, so.. uang itu jadi berlubang karena di gunting, yang buat anehnya, negara tersebut tetap mengakui dan menganggap sah uang tersebut untuk transaksi ekonomi.

6. Ada gambar smile di mata uang Rp. 1000

Kita sebagai WNI tentu sering menggunakan uang rp. 1000 ini untuk bertransaksi, tapi pernahkah kita perhatikan bahwa ada keanehan yang terjadi pada desain uang tersebut, yaitu terletak pada gambar pahlawan asal maluku yaitu patimura khususnya pada kancing baju pahlawan patimura tersebut, kenapa bisa dibilang aneh, karena jika di amati dengan kaca pembesar, akan tampak jelas ada sebuah emoticon smile yang ada pada kancing tersebut. apakah ini sebuah kebetulan saja, atau memang sengaja di desain begitu oleh desainer uangnya dengan maksud dan tujuan tertentu yang kita tidak tahu. (dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar